Cara Mengetahui Apakah Anda Berpotensi Diabetes

Add caption
Diabetes, ibu dari segala penyakit memang menjadi perhatian serius banyak orang. Diabetes terjadi saat kadar gula dalam darah meningkat. Berdasarkan penelitian, jumlah penderita diabetes meningkat bahkan terjadi pada usia muda. Di Indonesia sendiri, penyakit diabetes menduduki peringkat keempat antara penyakit berat lainnya.

Sebagian gejalanya adalah mudah lelah dan mengantuk, sering buang air kecil serta selalu merasa haus. Orang yang berpotensi diabetes tidak hanya yang memiliki berat badan berlebih, tapi juga yang mengonsumsi karbohidrat berlebihan (nasi, mie, kue dan gula), dan keluarganya memiliki riwayat diabetes.


Lalu bagaimana kita tahu sudah terkena diabetes atau belum? Caranya dengan mengecek gula darah. Bila ketika berpuasa, perhatikan angka berikut 80-100 (normal), 100-125 (pradiabetes), dan >126 (diabetes). Sedangkan pemeriksaan 2 jam sebelum makan, angkanya 80-140 (normal), 141-179 (pradiabetes), dan >180 (diabetes).

Anda ingin tahu seberapa besar risiko Anda? Coba hitung angkanya dari setiap pertanyaan dan totalkan. Harap diingat, nilai ditiap pertanyaan beda-beda.

1. Saya konsumsi buah dan sayur kurang dari 3 porsi/ hari. Ya (5) Tidak (0)
2. Saya senang mengonsumsi nasi putih/ mie/ roti putih/ biskuit/ kue-kue. Ya (5) Tidak (0)
3. Saya senang mengonsumsi teh manis/ kopi/ soda setiap hari. Ya (5) Tidak (0)
4. Saya menderita obesitas; nilai indeks massa tubuh saya > 27,5. IMT= Berat badan (kg) : Tinggi badan (m2). Ya (5) Tidak (0)
5. Saya jarang berolahraga (<3x/ minggu). Ya (5) Tidak (0)
6. Saya perokok atau berada di lingkungan perokok. Ya (2) Tidak (0)
7. Saya istirahat kurang dari 6 jam setiap hari. Ya (2) Tidak (0)
8. Saya berusia 65 tahun atau lebih. Ya (2) Tidak (0)
9. Saya mempunyai orangtua/ keluarga dengan penyakit gula/ diabetes. Ya (1) Tidak (0)
10. Saya seorang wanita yang pernah melahirkan bayi dengan berat lebih dari 4 kg. Ya (1) Tidak (0)

Total skor
0-10
risiko RENDAH terhadap diabetes
11-20 risiko SEDANG terhadap diabetes
>21 risiko TINGGI terhadap diabetes.


sumber : http://health.ghiboo.com/anda-berpotensi-diabetes-cari-tahu

1 komentar:

Anonim mengatakan...

Permisi saya mau tanya pak.., penentuan nilai skornya di peroleh dari mana yaa..?

Posting Komentar